IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 18 April 2022

1. Mandoding Haleluya No. 67:1
Sai na puji ma Tuhanta, hita hajolmaon in.
Ai na puho do Tuhanta, humbai hamateian in.
Ipasaud Tuhanta in, ganup lahoanNi in.
Pasirsirhon haluahon bai ganupan hajolmaon.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 2 Musa 14:31
“Jadi ididah halak Israel ma pambahenan banggal na binahen ni Jahowa hubani halak Masir, gabe mabiar ma bangsa ai bani Jahowa; porsaya ma sidea bani Jahowa pakon bani si Musa juakjuakNi ai.”

 

“Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hambaNya itu.”

 

4. Renungan
Paskah adalah perayaan kemenangan bagi orang percaya, karena pada peristiwa Paskah itulah kita ikut dimenangkan oleh Tuhan dari dosa dan kematian. Pada perayaan Paskah kita bersukacita karena Tuhan Yesus bangkit dari kematian, kematian yang sebelumnya dianggap sebagai kekalahan. Peristiwa Paskah adalah tindakan Allah yang menyelamatkan kita.

 

Tindakan Allah yang menyelamatkan umatNya sesungguhnya sudah berlangsung sejak masa Perjanjian Lama. Allah selalu memperhatikan kehidupan umatNya dan melindungi mereka dari musuh-musuh yang selalu mengancam kehidupan mereka. Allah bertindak menyelamatkan mereka bukan hanya saat mereka berada di tanah Kanaan atau di Israel tetapi di manapun mereka berada Allah selalu bekerja untuk melindungi umatNya. Seperti dalam bacaan kita Allah juga bekerja saat bangsa Israel berada di Mesir dan saat itu berada dalam perjalanan keluar dari tanah Mesir.

 

Pada saat itu bangsa Israel berangkat meninggalkan Mesir menuju tanah Kanaan, namun sesampainya di tepi laut Teberau ternyata tentara Mesir mengejar mereka dengan tujuan untuk membatalkan perjalanan bangsa itu menuju Kanaan. Namun Tuhan bekerja untuk menyelamatkan bangsa Israel, sehingga ketika bangsa Israel sudah menyeberangi laut itu dengan kuasa Tuhan yang membelah laut itu untuk bisa dilewati orang Israel, maka Allah memerintahkan Musa kembali agar mengulurkan tangannya ke air itu, sehingga air itu kembali bersatu dan tentara Mesir yang sudah berada di tengah akhirnya mati karena tenggelam di laut itu.

 

Melihat karya Tuhan yang menyelamatkan mereka akhirnya mereka percaya kepada Tuhan dan kepada Musa. Mereka melihat bahwa Tuhan berpihak kepada mereka dan tidak membiarkan mereka menjadi budak dan ditaklukkan oleh tentara Mesir. Tentu kita juga sudah melihat dan merasakan karya Tuhan yang besar dalam hidup ini. Tuhan membebaskan kita dari dosa dan kematian melalui Kristus Yesus, maka kita seharusnya tetap percaya kepadaNya dengan sepenuh hati. Percaya dan yakinlah bahwa Tuhan akan selalu memelihara kehidupan kita dan selalu menolong kita. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 70:1
Ale tonduyhu na puho Tuhanmu, domma itaban do nagori toruh.
Megah uhurmu martuah ma ho, rap pakon Jesus manggoluh ma ho.
Rap pakon Jesus manggoluh ma ho.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 17 April 2022 — 13:10