IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 25 April 2022

1. Mandoding Haleluya No. 143:1
O Tonduy na manggoki uhur, ni saksi-saksi na parlobei in.
Seng ongga ongga marnamundur, mangimbang munsuh ni Tuhanta in.
Puhoi pakon uhurnami on, mangambilankon Jesus in tongtong.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 2 Korint 3:17
“Ia Tuhan in Tonduy do in; anjaha ija Tonduy ni Tuhan in, ijai do haluahon.”

 

“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

 

4. Renungan
Kebebasan atau kemerdekaan sangat diinginkan oleh setiap orang. Bahkan beberapa orang atau kelompok menginginkan kemerdekaan yang seluas-luasnya. Tentu keinginan tersebut muncul karena pengalaman hidup yang belum “merdeka,” sehingga keinginannya muncul untuk merasakan kemerdekaan total. Namun, apakah hal itu bisa terjadi? Tentu ada banyak hal yang harus dipikirkan dalam menjawab keinginan tersebut.

 

Dalam kehidupan sebagai orang percaya tentu kita juga menginginkan kemerdekaan itu. Firman Tuhan hari ini menegaskan bahwa kemerdekaan itu kita dapatkan ketika Roh Allah berada dalam kehidupan kita. Roh Allah akan bekerja memberi apa yang kita butuhkan, karena memang Allah tahu kebutuhan kita yang akan membuat kita mengalami kemerdekaan itu.

 

Hal ini dituliskan oleh rasul Paulus kepada jemaat di Korintus agar mereka mampu melihat dengan baik bahwa kehidupan bersama Tuhan yang adalah Roh itu, tidak bisa dibandingkan dengan yang lain termasuk dengan ketetapan dan kemuliaan yang dialami oleh Musa. Rasul Paulus menekankan bahwa Tuhan Yesus mampu membuka selubung yang ada untuk melihat kehidupan yang sesungguhnya. Kehidupan di dalam Tuhan Yesus itulah yang diungkapkan oleh rasul Paulus untuk dipahami dan dipercayai oleh jemaat di Korintus.

 

Tentu kita juga akan mampu mengalami kehidupan yang sempurna itu bersama Tuhan dalam bimbingan Roh-Nya. Ada banyak hal yang mungkin menyelubungi mata dan hati kita, sehingga kita tidak bisa melihat dengan benar keselamatan dan kehidupan dalam kemerdekaan yang sudah disediakan Tuhan. Biarlah Roh Tuhan senantiasa menuntun hidup kita, sehingga kemerdekaan yang sesuai dengan kehendak Tuhan dapat kita nikmati. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 453:2
Tonduy Na Pansing, bere Ham bannami on.
Sai useihon Ham bai uhurnami ‘se sintong.
Ase dong pargogoh manlawan, kuasa ni dunia na bajan.
Ondos ma Tuhan, hanai on nuan, ‘se torsa sadokah goluh on.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 24 April 2022 — 16:54