IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 9 Mei 2022

1. Mandoding Haleluya No. 114:3
Seng dong tarpangajamkon pargogoh diri da.
Ai seng dong in margagan anggo bai Naibata.
Ai sihol bereonNi do bam sinjataNin.
Ai seng tarbaen lang talu munsuhmu baenonNin.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Epesus 6:14-15
“Ase, jongjong ma nasiam, margondit hasintongan bani binongei nasiam, marbaju bosi hapintoron, anjaha nahei marsipatu ringgas ni uhur, laho mangambilankon Ambilan Na Madear, pardameian in.”

 

“Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera.”

 

4. Renungan
Bagi orang beriman, kita selalu diingatkan bahwa dunia ini masih tetap melakukan perlawanan terhadap kebaikan dan kebenaran yang Tuhan inginkan dari kita. Ini mengisyaratkan kepada kita untuk tetap siap sedia dalam segala hal, sehingga keberadaan kita sebagai orang percaya tidak tergerus karena sikap atau sifat duniawi yang ada di sekitar kita.

 

Surat Efesus pasal ke 6 ini dengan terang menyebutkan bahwa musuh yang kita hadapi itu bermacam-macam. Jika saat itu rasul Paulus sudah menyebutkan betapa bervariasinya musuh itu, maka saat ini tentu kita juga menyatakan hal yang sama, bahkan lebih canggih lagi karena adanya kemajuan teknologi yang dahulu belum dikenal oleh rasul Paulus dan para pendiri gereja. Karena itu, kita harus siap dalam menghadapi semuanya. Seruan untuk berdiri tegap adalah seruan untuk siap menghadapi berbagai tantangan tersebut.

 

Orang percaya tentu tetap menunjukkan kesetiaannya kepada Tuhan, termasuk ketika menghadapi musuh. Kita tidak kehilangan identitas kita ketika menghadapi tantangan yang berat. Kita tetap harus berdiri dengan jati diri sebagai umat Tuhan. Karena itu, rasul Paulus mengingatkan bahwa perlengkapan yang dari Allah itulah yang kita pergunakan dalam menghadapi tantangan. Jangan kehilangan identitas saat kita sedang menghadapi musuh.

 

Meskipun istilah yang dipakai rasul Paulus adalah perlengkapan perang tentara Romawi, tetapi bukan senjatanya itu yang kita pakai. Kita memakai kekuatan yang dari Allah, yaitu: kebenaran, keadilan, dan kerelaan memberitakan Injil damai sejahtera. Inilah yang harus kita pergunakan dalam kehidupan kita, sehingga akan menjadi jelas tentang keberadaan kita orang percaya yang sedang menghadapi dunia ini. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 120:6
Pakei ma, pakei ma, pakei gogohmin ganup,
patidakkon na marholong, uhurmin bai Jesus in.
Na marsinta ho, o Sion, mangirikkon ganup Hata in.
Pakei ma gogohmin.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 8 Mei 2022 — 16:14