KUNJUNGAN PASTORAL PIMPINAN SINODE GKPS KE GKPS PERSIPAN BANJARMASIN & POS PI GKPS BANJARBARU

PEMATANGSIANTAR.GKPS.OR.ID. Pimpinan Sinode GKPS dalam hal Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe bersama dengan Kepala Biro Keuangan Pdt. Liharson sigiro dan Kepala Departemen Pelayanan Pdt. John Christian Saragih mengikuti kegiatan workshop of General Secretary, Treasurer and Project Officer UEM Asia Region, yang dilaksanakan di Kantor Sinode Gereja Evangelis Kalimantan (GKE) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Kamis-Selasa, (5-10/5).

 

Di sela-sela serangkaian workshop, Sekjend GKPS dan rombongan menyempatkan diri untuk mengadakan untuk mengadakan perkunjungan pastoral kepada Jemaat dan warga Jemaat GKPS yang ada di daerah Kalimantan Selatan.

 

Hal itu disambut baik oleh Pendeta GKPS Resort Kalimantan Tengah Pdt. John Hendrikson Haloho dan Pdt. Vin Subagio Tondang yang melayani di Banjarmasin dan Banjarbaru.

 

Pada Sabtu (7/5), Sekjend GKPS berkunjung langsung meninjau lokasi Gereja GKPS Pers. Banjarmasin yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Sinode GKE. Dalam tinjauan tersebut Sekjend GKPS dan rombongan didampingi oleh PHMJ GKPS Pers. Banjarmasin dan Pdt. Vin Subagio.

 

Dalam suasana yang akrab, Sekjend GKPS dan PHMJ GKPS Pers. Banjarmasin saling berbagi informasi tentang pelayanan dan program kerja serta tindak lanjut kedua Jemaat GKPS yang ada di Kalimantan Selatan.

 

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya Selasa (10/5), Sekjend GKPS dan rombongan mengadakan perkunjungan pastoral ke pos PI GKPS Banjarbaru. Sekedar informasi, Pos PI GKPS Banjarbaru adalah cikal-bakal Jemaat GKPS yang baru, dan ini menjadi peluang bagi GKPS untuk merangkul warga Simalungun di sana, apalagi daerah Banjarbaru sejak Februari 2022 telah ditetapkan menjadi Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Pembukaan pos PI sangat strategis bagi GKPS, apalagi saat ini pos PI GKPS Banjarbaru beranggotakan 40 kepala keluarga dan 50 orang namaposo.

 

 

Kalimantan Selatan adalah wilayah yang strategis untuk menghadirkan GKPS di sana. Oleh sebab itu Pimpinan Sinode GKPS mengutus Pdt. Vin Subagio Tondang dan Vik. Pdt. Mangku Praja yang bertempat tinggal di Banjarbaru untuk melayani di Kalimantan Selatan.

 

Agar semakin memahami GKPS, maka dalam kunjungan Pastoral ke pos PI GKPS Banjarbaru, dilaksanakanlah Pembinaan Penatalayanan Keuangan oleh Pdt. Liharson Sigiro kepada Majelis Jemaat. Pembinaan ini disambut baik oleh majelis. Terlihat dari antusia majelis yang hadir padahal waktu pembinaan ini dalam suasana hari kerja dan pekerjaan dinas yang mereka lakukan. Selain pembinaan, diadakan juga sharing pelayanan serta bimbingan dan arahan dari Sekjend GKPS.

 

Dalam sambutannya, Ketua Pos PI GKPS Banjarbaru, CSt. Helvyn Girsang menjelaskan dengan rinci tentang pelayanan di GKPS Banjarbaru.

 

“Kami belum memiliki gedung gereja sebagai tempat ibadah. Walaupun demikian itu tak menghalangi kami untuk beribadah dan bersemangat menghadirkan GKPS di sini. Untuk itu, kami bersepakat untuk sementara menyewa rumah salah satu warga Simalungun yang ada di sini sebagai tempat kami beribadah”, terang Helvyn Girsang.

 

Dilanjutkan Helvyn, “Kami berterimakasih kepada Pimpinan Sinode GKPS yang telah mendukung kerinduan kami untuk mendirikan GKPS di Banjarbaru dengan mengutus Vikar Pdt. Mangku Praja Damanik sebagai tenaga fulltimer di Banjarbaru, sehingga pelayanan semakin terkoordinasi. Sekalipun gedung peribadahan masih di rumah, namun terkait pelayanan tak berbeda dengan pelayan di gedung gereja pada umumnya. Kami di sini juga melakukan pelayanan kepada Sekolah Minggu, Namaposo, Bapa dan Inang”, ucapnya.

 

Setelah selesai jamuan makan dan pembinaan serta ramah tamah di gedung gereja, kegiatan pastoral berlanjut dengan meninjau dan berdoa di lokasi pertapakan yang sudah dibeli oleh pos PI GKPS Banjarbaru. Dengan jarak tempuh yang hanya 15 menit dari lokasi gereja sekarang, rombongan Sekjend GKPS dan warga jemaat berangkat bersama ke lokasi rencana pembangunan Gedung gereja GKPS Banjarbaru. Selain berdoa, setibanya di lokasi tersebut diadakan penanaman pohon yang dipimpin oleh Sekjend GKPS.

 

 

“Kita yakin dan percaya bahwa buah iman dan persekutuan Pos PI GKPS Banjarbaru akan terus diberkati Tuhan sehinga kegiatan persekutuan, kesaksian dan pelayanan di daerah Banjarbaru akan terus bertumbuh dan bertambah”, ucap Sekjend GKPS.

 

Setelah selesai dari Banjarbaru, rombongan Sekjend GKPS yang dipandu oleh Pdt. Vin Subagio Tondang dan CSt. Deindy Sumbayak kembali berangkat menuju GKPS Pers. Banjarmasin. Kehadiran Sekjend GKPS dan rombongan ternyata sudah dinanti-nantikan oleh warga Jemaat.

 

Pada perkunjungan pastoral di GKPS Pers. Banjarmasin, Sekjend GKPS dan rombongan dijadwalkan melayani pada ibadah partonggoan Jemaat di gedung gereja yang di hasuhutkon keluarga St. H. Purba/Br. Simbolon (Sekretaris Jemaat).

 

Dalam ibadah partonggoan yang melayani adalah: Sekjend GKPS Pdt. Paul Ulrich Munthe sebagai Pengkhotbah, Pdt. John Christian Saragih sebagai Liturgis, Pdt. Vin Subagio Tondang sebagai Pembawa Nyanyian, dan Doa Syafaat oleh Pdt. Liharson Sigiro.

 

Setelah selesai ibadah partonggoan, diadakan acara bimbingan dan arahan dari Sekjend GKPS, setelah sebelumnya melakukan diskusi dan percakapan bersama tentang kekinian dan keakanan pelayanan GKPS di Provinsi Kalimantan Selatan yang berpusat di Banjarmasin.

 

Dalam bimbingan dan arahannya, Sekjend GKPS menyampaikan “Kita yakin dan percaya bahwa rencana Tuhan dengan hadirnya persekutuan jemaat GKPS di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan akan semakin menjadikan GKPS terus menjadi pembawa berkat dan kepedulian serta semakin menggerak bertumbuhnya jemaat–jemaat GKPS bahkan persekutuan Resort yang baru di Kalimantan Selatan”, pungkas Sekjend.

 

Pewarta: Pdt. John Christian Saragih

 

 

Updated: 17 Mei 2022 — 07:54