SEKJEND GKPS PDT. DR. PAUL ULRICH MUNTHE MENGIKUTI WORKSHOP BERTEMAKAN: RESPONSIBILITY, TRANSPARENCY AND ACCOUNTABILITY

PEMATANGSIANTAR.GKPS.OR.ID. Bertempat di kantor Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE), Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe bersama dengan Kabiro. Keuangan Pdt. Liharson Sigiro dan Kadep. Pelayanan Pdt. Jhon Christian Saragih, mengikuti workshop bertemakan responsibility, transparency and accountability, yang diselenggarakan oleh kantor UEM Regional Asia, pada Kamis-Selasa, 5-10 Mei 2022.

 

Workshop ini merupakan tindaklanjut program pelayanan bersama anggota gereja-gereja UEM Regional Asia, di mana yang menjadi tuan dan nyonya rumah kegiatan adalah GKE, gereja anggota UEM yang baru diterima pada tahun 2018 yang lalu.

 

Pertemuan yang berlangsung secara oikumenis dan bersahabat ini juga diisi dengan ibadah bersama di Gereja Eppata GKE, Banjarmasin, informasi pelayanan dan pertumbuhan Gereja GKE serta kunjungan ke beberapa tempat di Banjarmasin.

 

Kegiatan workshop ini diikuti oleh para Sekjend, Kepala Biro Keuangan dan perwakilan dari penyelenggara program pelayanan 14 gereja anggota UEM di Indonesia dari 17 gereja anggota UEM di Asia.

 

Pertemuan ini menjadi sangat penting mengingat perlunya masing-masing gereja Anggota UEM untuk terus menata diri dalam pelayanan dengan tetap melaksanakan pelayanan yang bertanggung jawab, transparan dan akuntabilitas. Untuk itu dalam workshop ini masing masing anggota UEM dibekali dengan materi: Management and External Audit for non profit Institution According  to Indonesian Goverment Policy yang disampaikan oleh Priyo Hari Adi dari Universitas Satya Wacana Salatiga; The UEM Policy and Requirement on Budgeting System, Project Management and Fundraising, yang dibawakan oleh  Mr. Timo Pauler; Executive Secretary for Finance and Administration, Inputing on UEM Policy and Requirement on Project Management yang dibawakan oleh Rev. Dyah Ayu Krismawati dan Terry-Lynn Smith.

 

Selain diisi dengan penyampain materi, pada workshop kali ini diadakan juga sharing pengalaman terkait motede pengawasan dan audit dalam Gereja, serta mendengar pengalaman tentang sistem penatalayanan keuangan dan pengawasan Keuangan Gereja GKE, yang disampaikan oleh Pengwas Badan Perbendaharaan Keuangan GKE Bapak Sarino S. Garang.

 

Setelah seluruh sesi materi disampaikan dan sharing dilakukan, para peserta workshop dibagi ke dalam kelompok dalam rangka menindaklanjuti upaya bersama dari Gereja-gereja anggota dengan UEM Regional Asia. Setiap kelompok berbagi pengalaman tentang perencanaan, pembuatan proposal, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan serta evaluasi seluruh program kegiatan yang pendanaannya didukung oleh UEM. Di akhir pertemuan dibuat rekomendasi dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan oleh masing-masing Gereja Anggota UEM dan UEM.

 

 

Pewarta: Pdt. John Christian Saragih

 

 

Updated: 19 Mei 2022 — 07:34