IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 23 Mei 2022

1. Mandoding Haleluya No. 145:1
Ringgas hita rup, manogu ganup,
na pag manendel na hengkeng hobal,
bai Hatani Tuhan na sangap tongtong
rosuhNi ma bahen i dunia on.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: 1 Petrus 3:12
“Ai hubani paruhur na pintor do pangkawah ni Tuhan in, anjaha bani pangindoan ni sidea do pinggolNi; tapi iimbang bohi ni Tuhan in do sihorjahon na jahat.”

 

“Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telingaNya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.”

 

4. Renungan
Hidup sebagai orang baik itulah yang ditekankan dalam surat Petrus yang pertama ini, sehingga senantiasa diingatkan agar kita selalu berupaya untuk melakukan yang baik dalam setiap keadaan. Kalau kita berbuat baik, maka rasul Petrus mengatakan bahwa kita mencintai kehidupan dan mau melihat hari-hari yang baik (ayat 10). Dan inilah yang kita rindukan dalam hidup kita.

 

Memang dalam kehidupan kita di dunia ini kita pernah mendengar dan mungkin mengalaminya bahwa ketika kita berbuat baik, tidak semua orang suka, bahkan ada yang akhirnya membalas kebaikan kita dengan cemoohan atau dengan tindakan yang kasar. Tetapi apakah kita akhirnya berhenti berbuat baik karena respons yang kita terima tidak sejalan dengan apa yang sudah kita perbuat? Firman Tuhan hari ini ingin memberi peneguhan kepada kita bahwa perbuatan baik itu haruslah merupakan bagian dari kehidupan kita sebagai orang percaya, dan kebaikan itu bukanlah sebagai buah dari hubungan kita dengan orang lain. Bagaimana pun hubungan kita dengan dunia di sekitar kita, kita harus tetap berbuat baik sebagai bukti dari keberimanan kita kepada Tuhan Yesus.

 

Tuhan berpihak kepada orang yang berbuat baik. Mata dan telinga Tuhan selalu mengarah kepada seruan dan permohonan orang-orang yang berbuat baik. Sebaliknya, Tuhan menentang orang yang berbuat jahat. Tentu hal ini mengingatkan kepada kita bahwa ketika kita menginginkan Tuhan berada di pihak kita, yang kita pahami akan memberkati dan melindungi kita, maka tidak ada jalan lain selain berjalan bersamaNya dan melakukan kebaikan dan kebenaran. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 453:1
Pitah Ham Tuhan, hatundalan na toguh.
Humbai ganup paruntolon na i tanoh on.
Bani haganup pardalanan, pitah Ham panjaga na gogoh.
Ondos ma Tuhan hanai on nuan, ‘se torsa sadokah goluh on.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 22 Mei 2022 — 14:23