PIMPINAN SINODE GKPS MENYAMBUT BAIK KEINGINAN HURIA KRISTEN INDONESIA PROTESTAN (HKIP) BERGABUNG DALAM GERAKAN OIKOUMENE DI SUMATERA UTARA DAN ASIA

PEMATANGSIANTAR. GKPS.OR.ID. Pimpinan Pusat Huria Kristen Indonesia Protestan (HKIP), Bishop Pdt. Lindu Tambunan, S.Th., M.M., Sekretaris Jenderal Pdt. Tarida Siregar, S.Th., Kadep. Marturia Pdt. Dr. Marojahan Hutabarat, M.Pd.K., dan Kadep. Diakonia Pdt. Dorkas Sitanggang, S.Th, pada Rabu (18/5) yang lalu, bersilaturahmi ke kantor Sinode GKPS di Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pematangsiantar.

Kehadiran Pimpinan Pusat HKIP disambut oleh Pimpinan Sinode GKPS dalam hal ini Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe, di ruang kerjanya, dan turut mendampingi Kabid. Oikoumene Pdt. Immanuel C. Sitio.

Selain bersilaturahmi dan memperkenalkan struktur pimpinan yang baru, Pimpinan Pusat HKIP juga menyampaikan permohonan dukungan dari GKPS kepada HKIP untuk bergabung ke dalam PGI Wilayah Sumatera Utara dan Sekretariat Bersama (Sekber) UEM, yang diutarakan langsung oleh Bishop HKIP.

“Kami meminta dukungan dari GKPS untuk merekomendasikan HKIP diterima menjadi salah satu anggota PGI Wilayah Sumut dan Sekber UEM. Sebagai bentuk kesungguhan kami untuk direkomendasikan, kami menyerahkan dua berkas surat permohonan kepada pak Sekjend” pinta Bishop Pdt. Lindu Tambunan.

Menanggapi permohonan yang disampaikan oleh Bishop HKIP, Sekjend GKPS kemudian menegaskan bahwa GKPS tidak melihat dan berfokus pada perbedaan-perbedaan yang ada di tengah-tengah gereja-gereja di Sumatera Utara.

“Pada prinsipnya kami menyambut baik keinginan setiap gereja yang bermohon untuk bergabung dalam gerakan Oikoumene, baik di lingkup Sumatera Utara maupun di Asia (PGI Wilayah Sumut dan Sekber UEM. red) termasuk HKIP. Sebagai Pimpinan Sinode GKPS, kami (Sekjed dan Ephorus red.) akan menyampaikan rekomendasi tersebut kepada PGI Wilayah Sumut. Namun untuk rekomendasi agar diterima menjadi anggota Sekber UEM, hal ini belum bisa kami lakukan karena belum ada pertemuan gereja-gereja anggota Sekber UEM selama pandemi Covid-19 ini” pungkas Sekjend.

Walau silaturahmi ini singkat dikarenakan masih adanya jadwal pelayanan Sekjend GKPS pada hari itu, namun tidak mengurangi semangat kebersamaan di antara dua gereja yang berkantor sinode di Pematangsiantar ini.

Di akhir pertemuan, diadakan sesi foto bersama antara Pimpinan Sinode GKPS dan Pimpinan Pusat HKIP beserta dengan staf yang mendampingi.

 

Pewarta : Pdt. Immanuel C. Sitio (kbo/dps)

 

Updated: 24 Mei 2022 — 02:32