IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 6 Juni 2022

1. Mandoding Haleluya No. 83:1
Roh ma Ham Tonduy Na Pansing, Naibatangku na botul!
Uhurnami ma papansing, mambalosi Ham bujur.
Sai sondangi Ham totap uhurnami na golap.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Psalmen 104:30
“Anggo itongos Ham TonduyMu, tartompa ma sidea, anjaha bayu ma rupa ni tanoh on ibahen Ham.”

 

“Apabila Engkau mengirim rohMu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
kekristenan mengajarkan bahwa Allah itu adalah Roh dan Allah mampu melakukan apapun yang Ia inginkan. Kemahakuasaan Allah itu diperlihatkan untuk melakukan segala hal agar apapun yang ada di dunia ini berjalan sesuai dengan kehendakNya. Sejalan dengan itu, Allah juga mampu melakukan apapun yang mungkin bertentangan dengan pikiran kita, dengan tujuan agar segala sesuatu kembali kepada keadaan yang Tuhan kehendaki.

 

Melalui firman Tuhan yang tertulis dalam kitab Mazmur 104 ini, disebutkan bahwa Allahlah yang menjadikan segala sesuatu. Segala makhluk yang ada di bumi ini, baik itu besar atau kecil, yang kuat atau yang lemah, semua dijadikanNya. Dalam ayat 24 disebutkan bahwa sekaliannya Allah jadikan dengan kebijaksanaan, sehingga bumi penuh dengan ciptaanNya. Pernyataan ini mengingatkan kita kembali bahwa apa yang ada pada kita atau di sekitar kita adalah karena kebijaksanaan Allah.

 

Jemaat Tuhan,
segala sesuatu kita imani dan disebutkan dalam Mazmur ini, bahwa semuanya bergantung kepada Allah. Jika Allah berkenan maka semua akan berjalan dengan baik dan indah, namun ketika Allah tidak berkenan maka semua akan berubah dan mungkin akan musnah. Secara tegas disebutkan bahwa ketika Allah menarik Roh-Nya maka semua akan binasa, namun ketika Allah mengirim Roh maka akan terciptalah apa yang Tuhan inginkan dan bumi ini pun akan diperbaharui. Sungguh Allah kita adalah Allah yang Mahakuasa.

 

Pada hari Pentakosta kedua ini, kita diingatkan bahwa Roh Tuhan berkuasa untuk membaharui segala sesuatu, dan tentu karya Roh Tuhan adalah agar semua kembali kepada kehendak Tuhan. Kita yang adalah ciptaan Tuhan tentu diminta untuk siap selalu diperbaharui oleh Roh Tuhan, sehingga hidup kita tetap menjadi bagian yang tetap mempunyai nilai dari semua ciptaan yang ada. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 84:1
Ale Tuhan Bapa nami na marholong atei in.
Suruh Ham ma hu bannami Tonduy-Mu Na Pansing in.
Ham pabayu tonduyhin jadi rumah-Mu ma in.
Tangar Ham pangindoanku holong atei-Mu hu bangku.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 5 Juni 2022 — 12:52