IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS: Senin, 13 Juni 2022

1. Mandoding Haleluya No. 340:1
Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon.
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon.
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah huondoskon ma.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Heber 13:16
“Mambahen na madear ampa na marsibere-bere, ulang ma halupahon nasiam ai, ai galangan na sonai do iharosuhkon Naibata.”

 

“Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.”

 

4. Renungan
Sebagai orang percaya tentu kita diharapkan untuk hidup sesuai dengan apa yang diharapkan firman Tuhan. Kehidupan orang yang beriman bukan hanya ditunjukkan dengan kehidupan beribadah kepada Tuhan, tetapi juga harus ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak mungkin hidup beriman hanya dengan doa dan pujian saja, tetapi bagaimana iman kita juga harus diperlihatkan melalui sikap hidup yang baik terhadap sesama manusia.

 

Secara sederhana kita ikuti nasihat yang disampaikan oleh penulis Ibrani ini bahwa kita melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendak Allah, atau yang berkenan kepada Allah. Hal ini ingin mengingatkan bahwa kita hidup di dalam Allah dan hidup bersama dengan Allah. Hidup bersama Allah tidak mungkin kita jalani dengan melakukan yang tidak sesuai dengan firmanNya, karena hal itu akan membuat Allah marah kepada kita. Karena itu, kita diminta untuk tetap menyadari bahwa Allah ada dalam kehidupan kita, sehingga kita selalu bersikap yang menyenangkan hati Tuhan.

 

Bacaan firman hari ini menyebutkan bahwa berbuat baik dan memberi bantuan janganlah kita lupakan. Kita yang hidup dalam Tuhan telah menerima kebaikan dari Allah. Tuhan Yesus sudah menunjukkan kebaikan yang membawa kita kepada kehidupan yang kekal, dan perbuatan baik itu sudah dilakukan Tuhan Yesus kepada semua orang. Maka sebagai anak Tuhan kita diminta untuk melakukan perbuatan baik kepada semua orang juga. Di samping itu, memberi bantuan dalam berbagai bentuk juga harus kita lakukan. Tuhan sudah memberi apa yang perlu bagi kita maka kita juga harus bersedia memberi apa yang ada pada kita sebagai ungkapan iman kita kepada Tuhan.

 

Apa yang kita lakukan dalam hidup ini sebagai orang beriman, tentu harus kita pahami sebagai persembahan kita kepada Tuhan. Rasul Paulus mengungkapkan dalam Kolose 3:23 bahwa yang kita perbuat itu adalah untuk Tuhan dan penulis Ibrani mengungkapkan sebagai korban yang berkenan kepada Tuhan. Ini semua mengingatkan bahwa setiap langkah dan tindakan kita harus selalu sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan dan ditujukan untuk Tuhan. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 248:6
Parorot Ham tongtong langkahku bai ganup dalan na botul.
Patoguh Ham tongtong uhurhu lao mandalankon hataMu.
O sondang na hun surga in sondangi uhurhin.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 12 Juni 2022 — 17:14