1. Mandoding Haleluya No. 13:1
Sai jolom Ham tanganku, sai togu au;
Ronsi rotap hosahku, parorot au;
Na dong au ra mardalan, sahalak au.
Sai Ham ma, ale Tuhan, manogu au.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Psalmen 130:7
“Arapkon ma Jahowa, ale Israel! Ai bani Jahowa do idop ni uhur, anjaha buei do haluahon Bani.”

“Berharaplah kepada Tuhan, hai Israel! Sebab pada Tuhan ada kasih setia, dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
seruan untuk meminta pertolongan akan terdengar ketika seseorang sedang dalam bahaya atau sedang dalam pergumulan. Pertolongan yang diharapkan tentu datang dari orang atau dari kekuatan yang dianggap cukup kuat dalam mengatasi persoalan itu. Seruan itu juga berisi pengharapan yang besar akan keselamatan atau kebebasan dari tantangan yang dihadapi.

Pemazmur menghadapi pergumulan yang berat dalam hidupnya, dan berharap dapat luput dari segala mara bahaya. Dia sadar bahwa dirinya lemah, yang mungkin tidak akan mampu menjalani hidup ini kalau Tuhan tidak berpihak padanya. Dia juga sadar bahwa dalam kelemahannya juga dia melakukan kesalahan yang jika dihukum oleh Tuhan dia tidak akan mampu menahannya. Ini membuat dia hanya berserah kepada Tuhan agar mampu menghadapi segala sesuatu dalam hidupnya.

Dalam renungan hari ini kita mempelajari bahwa berharap kepada Tuhan harus berjalan beriringan dengan pengakuan akan keterbatasan kita. Jika kita tidak mengakui kelemahan dan keterbatasan kita, sesungguhnya kita tidak memberi ruang kepada Tuhan untuk bekerja dalam kehidupan kita. Pengharapan kita kepada karya atau kebaikan Tuhan akan menjadi kekuatan bagi kita untuk melakukan yang terbaik dalam kehidupan kita. Kita tidak akan mampu melakukan yang terbaik ketika kita jauh dari Tuhan, yang berarti jauh dari kebaikan dan pertolongan Tuhan.

Di saat kita memasuki minggu-minggu menjelang Paskah, kita diminta untuk merenungkan karya Tuhan yang membebaskan kita. Dia melakukan pembebasan yang luar biasa dan dengan cara yang tidak terduga. Allah kita membebaskan kita dari berbagai hal yang mungkin membelenggu kita dengan berbagai cara. Kuasa Tuhan menyelamatkan kita dari semua pergumulan itu karena kita berharap hanya kepadaNya. Amin.

 

5. Mandoding Haleluya No. 142:4
Haporsayai ma Hata in, ai in do haluahon.
Arapkon Tuhan Jesus in, darohNi in ma jolom.
Age gok dousa uhurmin, maluah do bahenonNin.
Tongon, tongon, maluah baenonNin.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS