Pimpinan Sinode GKPS (Sekjend) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe yang didampingi Kepala Biro Administrasi GKPS Pdt. Sarinus Sipayung menerima sertifikat tanah GKPS Galang yang diserahkan oleh PMJ GKPS Galang pada Senin (22/3/23) siang. (bgs/hks)

PEMATANG SIANTAR. GKPS.OR.ID. Senin (22/5/23) siang, PMJ GKPS Galang St. Drs. Kardin Fredi Sinaga (Ketua), St. Drs. Endang Suranta Saragih (Wakil Ketua), Pdt. Masniari Damanik (Pendeta GKPS Resort Galang), Pdt. Mesryati Purba, Penginjil Risnaulina Purba, dan St. Erhulina Munthe, berkunjung ke Kantor Sinode GKPS, di Jl. Pdt. J. Wismar Saragih, Pematang Siantar, dalam rangka penyerahan sertifikat tanah GKPS Galang.

Setibanya di kantor Sinode GKPS, St. Drs. Kardin Fredi Sinaga dan rombongan disambut oleh Kepala Biro Administrasi Pdt. Sarinus Sipayung, dan segera menuju ruang kerja Sekjend GKPS.

St. Drs. Kardin Sinaga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pimpinan Sinode GKPS meluangkan waktu untuk menerima kehadiran mereka di kantor sinode. Pada kesempatan itu St. Kardin membagikan informasi kepada Pimpinan Sinode GKPS (Sekjend) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe, tentang perkembangan GKPS Galang.

“Tahun lalu kami meminta surat kuasa dari Pimpinan Sinode GKPS untuk mengurus ke BPN Kabupaten peningkatan status tanah GKPS Galang yang luasnya kurang lebih 3.196 M2. Di atas lahan ini berdiri gedung gereja, balai pertemuan, sekolah SD dan dua unit rumah Fulltimer GKPS. Dan Puji Tuhan, pada Bulan Desember lalu, BPN Deli Serdang sudah mengeluarkan Sertifikat Hak Milik lahan gereja atas nama Gereja Kristen Protestan Simalungun”, terangnya.

Setelah sertifikat hak milik didapatkan dari BPN Deli Serdang, jemaat GKPS Galang berencana untuk penataan lokasi lahan gereja, khususnya lahan parkir.

“GKPS Galang saat ini memiliki balai pertemuan, yang dapat dipakai oleh masyarakat umum, dan cukup potensial untuk menambah pemasukan kas jemaat. Namun sehubung lokasi parkir yang sempit, sering menjadi kendala bagi para penyewa. Kami sedang memikirkan agar GKPS Galang memiliki lahan parkir yang luas, yang cukup untuk menampung kendaraan warga jemaat maupun masyarakat yang menggunakan balai pertemuan gereja” ucap St. Kardin.

Selain perkembangan pemanfaatan lahan gereja, St. Drs. Kardin Sinaga dan St. Endang Saragih pun berbagi informasi tentang perkembangan pelaksanaan Persembahan Bulanan di GKPS Galang.

“Hasil evaluasi Majelis Jemaat GKPS Galang terkait persembahan bulanan, kami menyimpulkan masih perlu untuk terus dijemaatkan” ungkap St. Kardin.

Ditambahkan St. Endang Suranta Saragih, ada pemahaman yang berkembang disebagian warga jemaat bahwa persembahan bulanan dianggap sebagai kewajiban tahunan.

“Secara persentase angka persembahan bulanan mengalami kenaikan, namun masih ada mis pemahaman di tengah jemaat, kalau persembahan bulanan sama seperti iuran tahunan, dan kami menemukan beberapa warga jemaat ada yang memberikan persembahan bulanan di tahun berjalan untuk satu tahun”, ungkapnya.

Informasi yang disampaikan PMJ GKPS Galang tentunya menjadi masukan bagi Pimpinan Sinode GKPS, khususnya dalam hal pengurusan sertifikat tanah dan persembahan bulanan.

Setelah setengah jam berbincang dan menyampaikan informasi perkembangan jemaat GKPS Galang, PMJ GKPS Galang menyerahkan sertifikat tanah GKPS Galang kepada Pimpinan Sinode GKPS, yang didahului dengan penandatanganan surat serah terima sertifikat tanah.

Drs. Kardin Fredi Sinaga (Ketua/Pengantar Jemaat GKPS Galang) menandatangani surat serah terima sertifikat tanah. (bgs/hks)

Drs. Kardin Fredi Sinaga dan St. Drs. Endang Suranta Saragih yang bertindak atas nama GKPS Galang menyerahkan sertifikat kepada Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe, dan turut disaksikan Pendeta GKPS Resort Galang Pdt. Masniari Damanik dan Kepala Biro Administrasi Pdt. Sarinus Sipayung.

St. Drs. Endang Suranta Saragih (Wakil Ketua/Wakil Pengantar Jemaat GKPS Galang) menandatangani surat serah terima sertifikat tanah. (bgs/hks)

Setelah penyerahan sertifikat tanah, Pdt. Masniari menyampaikan bahwa salah satu program GKPS Resort Galang yang ditetapkan dalam Sidang Resort pada Maret lalu adalah pengurusan sertifikat tanah gereja. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada PMJ GKPS Galang.

Pdt. Masniari Damanik (Pendeta GKPS Resort Galang) ikut menandatangani surat serah terima sertifikat tanah sebagai salah satu saksi. (bgs/hks)

“Terima kasih atas kerjasama dari PMJ Galang yang ikut mensukseskan program kerja resort. Semoga di tahun ini, ketiga jemaat lainnya di Resort Galang dapat mengikuti jejak GKPS Galang”, ucapnya.

Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe juga mengucapkan terima kasih kepada Jemaat khususnya PMJ GKPS Galang yang sudah meluangkan waktu mengurus sertifikat tanah GKPS Galang. Sekjend pun berharap di tahun ini semakin bertambahlah jemaat maupun resort di GKPS yang menyelesaikan pengurusan sertifikat tanah GKPS.

“Sertifikat tanah penting dimiliki setiap pemilik tanah karena merupakan bukti hukum atas tanah yang dimiliki. Tugas bersama kita untuk menjaga dan mengelola aset tanah yang dimiliki GKPS. Terima kasih buat GKPS Galang dan PMJ yang telah mengurus peningkatan status kepemilikan tanah GKPS Galang menjadi hak milik GKPS. Walupun berbeda kebijakan yang diterapkan di masing-masing daerah, kita berharap di tahun ini semakin bertambahlah jemaat dan resort di GKPS ini yang mengurus sertifikat tanahnya menjadi milik GKPS, karena sesungguhnya tanah yang dimiliki oleh masing-masing jemaat dan resort merupakan satu kesatuan di GKPS, dan milik GKPS”, ucap Pdt. Paul Munthe.

Sebelum rombongan GKPS Galang meninggalkan kantor Sinode GKPS, Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe menutup pertemuan di dalam doa. (bgs/hks)