PEMATANG SIANTAR. GKPS.OR.ID. Sudah 55 tahun lamanya terjalin kemitraan antara GKPS dan Evangelischer Kirchenkreis Hagen (EKH) Jerman. Salah satu agenda rutin dari kemitraan dua gereja ini adalah Pertemuan Pemuda/Youth Meeting.

Pada tahun 2023 ini, EKH melalui Superintendent/Praeses Distrik Hagen Pdt. Henning Wask├Ânig kembali mengundang GKPS mengikuti youth meeting yang berlangsung di Hagen-Jerman. Pimpinan Sinode GKPS menyambut baik undangan tersebut. Sebanyak 10 orang yang terdiri dari 8 orang namaposo GKPS serta 2 orang pendamping dari unsur Pendeta diutus untuk mengikuti youth meeting yang berlangsung selama 20 hari di kota Hagen.

Adapun delapan orang namaposo yang diberangkatkan adalah: Vik. Pdt. Dirganri Girsang (GKPS Resort Silandoyung, Vik. Pdt. Yulia Damanik (GKPS Resort Dolog Masihol), Harry David Lingga (Ketua Seksi Namaposo Sinode GKPS), Putri Kesuma Sipayung (GKPS Resort Siantar III), Mega Selvia Purba (GKPS Resort Raya Huluan), Grisela Sangap Saragih (GKPS Resort Polonia), Theresia Tania Ndruru (Panti Asuhan BKM GKPS), Bintang Terang Purba (GKPS Resort Tebing Tinggi I). Sementara itu Pdt. Albert H. Purba (Pembimbing Pengurus Seksi Namaposo Sinode) serta Pdt. Immanuel C. Sitio (Kepala Bidang Oikumene GKPS) dihunjuk sebagai pendamping.

Sebelum rombongan berangkat menuju Hagen-Jerman pada Senin (19/6/2023) sore, mereka menyempatkan diri mengikuti ibadah pagi bersama dengan Pendeta dan Pegawai GKPS di kantor Sinode GKPS, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih 23 Pematang Siantar. Dan dari kantor Sinode GKPS mereka diberangkatkan oleh Pimpinan Sinode GKPS (Sekjend) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe menuju Bandara Kualanamu.

Nantinya ke-10 orang utusan GKPS ini akan mengikuti kegiatan youth meeting berupa: pertemuan dengan pemuda Distrik Hagen, mengikuti ibadah-ibadah di Distrik Hagen, mengunjungi unit-unit pelayanan Distrik Hagen, mengikuti lokakarya dan ceramah, mengikuti libur musim panas pemuda gereja Haspe, serta belajar untuk mengenal lebih dekat tentang Jerman dan profesi-profesi orang Jerman. Dijadwalkan rombongan akan kembali ke tanah air pada tanggal 11 Juli 2023. (bgs/hks)