Ibadah Harian Keluarga GKPS

Jumat, 30 Juni 2023

 

1. Mandoding : Haleluya No. 246:1

Sai dingat Jesus Tuhanmin na roh hubanta jolma

Na manadingkon surga in na pala gabe jolma

Sai ulang lupa ham ijin, ai do hagoluhanmin

sai puji ma lah Ia

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Lahoan ni Apostel 4:12

Anjaha seng dong haluahon ibagas atap ise na legan, ai seng dong goran na legan i toruh ni langit ibere bani jolma, parhiteianta hu haluahon.

 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

 

4. Renungan

Jemaat yang dikasihi Tuhan,

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keselamatan adalah suatu keadaan aman, dalam kondisi yang aman secara fisik, sosial, spiritual, finansial, politis, emosional, pekerjaan, psikologis, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut. Keselamatan sendiri menjadi perhatian khusus dari kitab Kisah Para Rasul. Orang lumpuh dalam Kisah Para Rasul 3-4 diselamatkan melalui kesembuhan, sedangkan nabi Zakharia berbicara tentang keselamatan sehubungan dengan pembebasan dari musuh bangsa Israel (Luk. 1 :71). Kisah Para Rasul 27:31 menyebut kelepasan dari badai laut sebagai keselamatan. Kemudian keselamatan juga diartikan sebagai terlepas dari pengadilan Tuhan (Kisah 2:21, 40). Keselamatan juga memiliki makna  “agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan” (Kis. 3:19). Sesuai dengan ayat harian ini maka keselamatan  tersebut, hanya dapat terjadi melalui Yesus Kristus.

Tuhan Yesus  sendiri  mengatakan: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh. 14:6).  Yesus  adalah jalan kepada Allah karena Dia adalah kebenaran Allah dan hidup Allah.  Yesus adalah hidup. Yohanes mengatakan, “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia (Yoh 1:4). Dia memiliki hidup dalam diriNya sendiri. Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. (Yoh 5:26). Tuhan Yesus Kristus memiliki hidup dalam diriNya sendiri. Dia tidaklah bergantung kepada hal-hal yang di luar diriNya. Tanpa kita Dia tetap hidup. Tanpa alam semesta, Dia tetap hidup. Inilah artinya bahwa Kristus adalah hidup.

Dengan demikian kita mendapat penguatan melalui ayat harian ini bahwa iman percaya kita di dalam Yesus Kristus adalah sebuah keuntungan dan kebahagiaan yang eksklusif. Keuntungan dan kebahagiaan yang harus kita jaga dan syukuri dengan senantiasa meneladani hidup dan kebenaran yang telah diberikan oleh Tuhan Yesus. Keselamatan itu telah diberikan kepada kita dan menjadi pendorong bagi kita untuk bersaksi dan memberitakan sukacita yang kita alami karena keselamatan yang diberikan Kristus. Kita yakin dan percaya serta tidak perlu lagi mencari yang terbaik di dalam dunia ini, karena yang terbaik dan yang menjamin keselamatan sampai kepada kekekalan sudah diberikan kepada kita. Yang perlu kita kerjakan adalah memberikan bukti bahwa yang terbaik dari Tuhan telah kita miliki sehingga kita pun akan memberikan yang terbaik kepada sesama, kepada dunia ciptaan Tuhan dan kepada semua mahluk. Pemberian Tuhan yang terbaik telah kita terima dari Allah di dalam Yesus Kristus, oleh karena itu kita adalah anak-anak Allah yang terus menerus akan memberitakan keselamatan tersebut selama Tuhan memberi waktu dan kesempatan kepada kita. Amin.

 

5. Mandoding: Kidung Jemaat No. 427:1

‘Ku suka menuturkan cerita mulia,

cerita Tuhan Yesus dan cinta kasihNya.

‘Ku suka menuturkan cerita yang benar,

penawar hati rindu, pelipur terbesar.

‘Ku suka menuturkan, ‘ku suka memasyurkan.

Cerita Tuhan Yesus dan cinta kasihNya.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS