Pertemuan PMJ dan Panitia GKPS Bangun Purba dengan Pimpinan Sinode GKPS diabadikan dengan foto bersama tepat di gapura Kantor Sinode GKPS.

PEMATANG SIANTAR. GKPS.OR.ID. Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, memiliki sejarah tersendiri bagi GKPS. Pada tahun 2 April 1955, sebagaimana data yang tertera di Susukkara GKPS tahun 2023, berdirilah satu jemaat GKPS di Deli Serdang. Sebelumnya, pada tanggal 4 September 1953 gereja GKPS telah ada di desa Sungai Buaya, yang pada masa itu masuk ke wilayah administratif pemerintahan Kabupaten Deli Serdang.

Sebagaimana program jemaat tahun 2023 yang telah ditetapkan pada Sidang Jemaat GKPS Bangun Purba Resort Serdang I, pada Minggu, 29 Oktober 2023, akan diadakan Pesta Pembangunan untuk renovasi gedung GKPS Bangun Purba, yang berlokasi tepat di pusat ibukota kecamatan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pengantar Jemaat GKPS Bangun Purba St. Jamarbun Purba kala bertemu dengan Pimpinan Sinode GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe, di ruang kerja Sekjend, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih 23, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Lebih lanjut disampaikan St. Jamarbun Purba, GKPS Bangun Purba merupakan gereja pertama yang berdiri di daerah Serdang, dan pada saat itu menjadi pusat pengembangan GKPS untuk pemberitaan Injil.

“Seiring bertambahnya jemaat dan kondisi gedung gereja yang saat ini memang perlu direnovasi, inilah yang mendorong kami untuk merancang renovasi gedung gereja melalui pesta pembangunan. Selain itu GKPS Bangun Purba merupakan wajah GKPS di tanah Serdang, mengingat GKPS Bangun Purbalah gereja pertama yang berdiri dan pada masa itu sebagai pusat pengembangan GKPS dalam pemberitaan Injil”, terang St. Jamarbun.

Ditambahkan Pendeta GKPS Resort Serdang I Pdt. Jimmey B. Sinaga, S.Th, Panitia Umum pesta telah dibentuk, dimana yang menjadi Ketua St. Artha Berliana Pakpahan, Sekretaris St. Jhon Ray Porman Saragih, SE, dan Bendahara Jhon Lihardo, SH.

Pimpinan Sinode GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe pun menyambut baik rencana GKPS Bangun Purba untuk mengadakan pesta pembangunan renovasi gedung gereja. Sekjend pun berharap agar seluruh pihak yang terlibat di dalam persiapan pesta ini senantiasa membangun koordinasi dan komunikasi yang baik, terlebih kepada Panitia Umum.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Kepala Biro Administrasi Pdt. Sarinus Sipayung, S.Th, Kepala Departemen Persekutuan Pdt. John Christian Saragih, M.Sc, Praeses GKPS Distrik VIII Pdt. Jan Risman Tony Saragih, S.Th, serta Panitia Renovasi dan Pembangunan.

Sebelum diakhiri dengan foto bersama, Pimpinan Sinode GKPS menutup dengan doa dan memohon kepada Tuhan agar seluruh jemaat dan panitia terlibat aktif mensukseskan rencana tersebut. (bgs/hks)

 

Pewarta: Pdt. John Christian Saragih