Foto bersama dengan Pimpinan Sinode GKPS (Sekjend) seusai penandatanganan berita acara serah terima jabatan Kepala Departemen Kesaksian GKPS. (Foto: bgs/hks)

PEMATANG SIANTAR. GKPS.OR.ID. Pimpinan Sinode GKPS (Sekjend) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe memimpin acara serah terima jabatan Kepala Departemen Kesaksian GKPS dari Pdt. Albert H. Purba, M.Th kepada Pdt. Marudin Saragih, S.Th, yang dilaksanakan di ruang rapat kantor Sinode GKPS, Jl. Pdt. J. Wismar Saragih 23, Pematang Siantar, pada Kamis (26/10/23) sore.

Dalam acara serah terima tersebut, turut dihadiri Kadep Pelayanan Pdt. Dr. Jenny R. C. Purba, Kabiro Administrasi Pdt. Sarinus Sipayung, S.Th, Kabiro Litbang. Pdt. Posma Purba, S.Th, Kepala SPI Pdt. Nolden Lingga, S.Th, MA, Kabid Pastoral Pdt. Fraimen J. Purba serta staf di Departemen Kesaksian.

Proses serah terima jabatan berjalan baik dan sesekali diwarnai gelak tawa, diawali dengan pembacaan memori tugas, penandatanganan berita acara serah terima jabatan, sambutan dan diakhiri doa penutup oleh Pdt. Fraimen J. Purba.

Memori tugas dibacakan Pdt. Albert H. Purba, M.Th, dan ada beberapa hal pekerjaan yang harus dituntaskan Kadep Kesaksian yang baru, diantaranya: pengadaan video rohani, bina pasutri fulltimer, lokakarya leadership penginjilan dan kepemimpinan nasionalisme, pelatihan jurnalisme, penerbitan Susukkara dan Kelender GKPS 2024, dan revisi Bibel.

Di samping hal di atas, Pdt. Albert Purba berharap agar Pdt. Marudin setiap bulannya mengkawal proses penerbitan majalah AB dan surat/rubrik Pastoral, dan juga menyampaikan laporan per semester kepada Majelis Sinode GKPS tentang perkembangan penginjilan ke Suku Anak Dalam.

Setelah memori tugas selesai dibacakan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita serah terima jabatan diantara keduanya, dan turut menandatangani Pdt. Jenny Purba dan Pdt. Fraimen J. Purba sebagai saksi. Disaat yang sama, diserahkan juga memori tugas, alat pendukung kerja, serta bundle file Departemen Kesaksian kepada Pdt. Marudin Saragih.

Sebagai pejabat yang baru, Departemen Kesaksian bukanlah lingkungan kerja yang baru bagi Pdt. Marudin. Sebelumnya ia dipercaya sebagai Kabid. Penginjilan yang merupakan salah satu bidang di Departemen Kesaksian, dan juga dipercaya sebagai Ketua Redaksi Majalah Ambilan pakon Barita GKPS hingga saat ini. Tentu sebagai orang lama di Departemen Kesaksian, Pdt. Marudin pasti mengenal betul langgam kerja Pdt. Albert. Ia pun mengapresiasi kinerja Pdt. Albert selama delapan tahun memimpin Departemen Kesaksian. “Kerja keras, ketelitian, keuletan, dan jiwa kepemimpinan dari Pdt. Albert membawa banyak perubahan dan kemajuan di Departemen yang dipimpinnya,” ungkap Pdt. Marudin.

Senada dengan Pdt. Marudin, Pimpinan Sinode GKPS (Sekjend) Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe pun mengapresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi Pdt. Albert Purba selama bertugas sebagai Kadep Kesaksian. Sekjend pun berharap semangat dan nilai positif selama melayani di kantor Sinode GKPS berlanjut terus setibanya di GKPS Resort Cengkareng Jakarta Barat. Selain itu, Pdt. Paul Munthe berharap Pdt. Albert Purba menjadi motor penggerak kegiatan oikoumene di Distrik VII.

“Kami tahu pelayanan di Distrik VII begitu menyita waktu para pelayanan, mengingat jarak tempuh dan padatnya jalanan ibukota. Tapi harapan kami Pdt. Albert bisa mengatur waktu untuk pelayanan di GKPS dan juga di kegiatan-kegiatan oikoumene,” pinta Sekjend.

Diakhir sambutannya, Sekjend GKPS mengucapkan selamat bekerja kepada Pdt. Marudin, dan berharap kerjasama yang terjalin baik selama ini antara Departemen dan Biro tetap terjaga. (bgs/hks)