Tim Kerja GKPS Jubileum 120 Tahun menyerahkan dokumen laporan pertanggungjawaban dan bukti-bukti pengunaan dana kepada Pimpinan Sinode GKPS pada Rabu (6/3/2024) siang, di Balei Harungguan Kantor Sinode GKPS. (Foto: Humas GKPS/bgs)

PEMATANG SIANTAR. GKPS.OR.ID. Tim Kerja GKPS Jubileum 120 Tahun yang dipimpin St. Dharma Serpin Purba sebagai Ketua, Pdt. Posma Purba sebagai Sekretaris, serta CSy. Elida Hutabarat sebagai Bendahara, resmi dibubarkan oleh Pimpinan Sinode GKPS (Ephorus) Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba pada Rabu (6/3/2024) siang.

Acara pembubaran Tim Kerja GKPS J-120 yang diselenggarakan di Balei Harungguan kantor Sinode GKPS Jl. Pdt. J. Wismar Saragih 23, Pematang Siantar, diawali dengan bernyanyi dan doa yang dipimpin oleh Pdt. Immanuel C. Sitio, M.Th, kemudian kata pengantar dari Ketua Tim, dan dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban yang dibacakan oleh Pdt. Posma Purba, mendengarkan masukan dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan laporan, serta diakhiri bimbingan dan arahan dari Pimpinan Sinode GKPS.

Ketua Tim Kerja dalam pengantar menyampaikan perjalanan kegiatan Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun diwarnai dalam situasi keprihatinan, sebab pada tahun 2023, Pemerintah mengumumkan status pandemi Covid-19 berubah menjadi endemi. Satu berita yang tentunya membawa sukacita bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun pada sisi yang lain, dunia dikhawatirkan dengan resesi ekonomi yang menghantui hampir seluruh negara di dunia ini. Dengan mempertimbangkan situasi tersebut dan keputusan Sidang Sinode Bolon ke-45, Tim Kerja merancang seluruh kegiatan yang sifatnya sederhana dan tidak mengumpulkan ribuan massa.

Ternyata di tengah-tengah sosialisasi kegiatan Jubileum 120 Tahun yang kontinu, warga jemaat sangat antusias menyambut dan mengisi kegiatan Jubileum 120 Tahun. Tak sedikit pula masukan dari warga jemaat kepada Tim Kerja agar merancang kegiatan yang lebih besar.

Pdt. Posma Purba kala membacakan laporan pertanggungjawaban menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah ikut mendukung pelaksanaan rangkaian kegiatan Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun, baik dari warga jemaat maupun Majelis Jemaat, para Pendeta dan Penginjil GKPS, Bupati Simalungun St. Radiapoh H. Sinaga, SH, MH, Walikota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F. C. Sipayung, SH, SIK, MH, tokoh Simalungun Dr. J. R. Saragih, SH, MM dan St. Junimart Girsang, SH, MBA, MH, M.IP, serta GKPS TV yang dipimpin oleh Herty Purba.

Selanjutnya Pdt. Posma Purba menyampaikan kepada Pimpinan Sinode GKPS beberapa masukan dari warga jemaat GKPS untuk melanjutkan kembali kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun, seperti Jambore Inklusi Sekolah Minggu GKPS, aksi sosial berupa bedah rumah dan pertanian organik, serta ziarah ke makam beberapa tokoh yang punya kontribusi besar atas Injil di Simalungun.

Setelah laporan pertanggungjawaban disampaikan, Pdt. Marudin Saragih sebagai Kepala Departemen Kesaksian memberi masukan agar kegiatan memberikan cendera mata kepada St. Holman Purba sebagai pendesain logo GKPS, Launching Alkitab Perjanjian Baru terjemahan Suku Talang Mamak yang dikerjakan oleh Pdt. Freddy Purba dan tim, Launching Buku Modul Ajar Katekisasi Sidi Khusus RBM GKPS dimuat dalam laporan tim kerja.

Sebelum Ephorus GKPS menyampaikan bimbingan dan arahan, masing-masing anggota Tim Kerja diberi kesempatan menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pimpinan Sinode GKPS. Pada kesempatan ini CSy. Helena Hutagaol, CSy. drg. Iren Purba, Pdt. Bima Gustav Saragih, Pdt. Immanuel Sitio, Pdt. Jenny Purba dan Pdt. John Christian Saragih bersaksi bahwa Tuhan begitu mengasihi Gereja-Nya. Dalam segala keterbatasan yang ada, Tuhan menyatakan kuasa-Nya.

Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba dalam bimbingan dan arahannya mengucapkan terima kasih atas bakti dan dedikasi Tim Kerja.

“Buei warga kuria in na marmalas ni uhur bani horja Jubileum 120 Tahun Injil i Simalungun na dob terlaksana ibagas na dear. Mitra GKPS na hun luar negeri pe dihut homa marmalas ni uhur bani kegiatan-kegiatan na dob irancang nasiam. Age pitah siah halak nasiam tim, tapi boi do nasiam mambangun kerjasama na dear, lang pitah ibagas tim, tapi dihut homa Panitia Kerja atappe Panitia na adong i distrik-distrik, pamarentah, pakon pihak eksternal GKPS. Diateitupa ma bani nasiam. Andohar semangat berjubileum terus menggelora,” ucap Ephorus GKPS ini.

Selain itu Ephorus juga mengaminkan kesaksian yang dinyatakan oleh Tim Kerja. Seluruh warga merasakan kuasa Tuhan yang terus bekerja bagi GKPS, dan ikut menyaksikan kebesaran kuasa-Nya di tengah-tengah dunia ini melalui seluruh rangkaian kegiatan Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun.

Sebelum mengakhiri bimbingan dan arahannya, Ephorus GKPS juga berharap agar pengerjaan Taman Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun dapat berlanjut.

“Malas uhur dihut do nasiam Tim Kerja manumpaki horja pembangunan Taman Jubileum 120 na marianan i kompleks kantor Sinode GKPS on. Riap hita manonggohon ampa mendukung ase pembangunan berlanjut janah taman ai holi boi gabe ianan aktivitas na inikmati kurianta sa GKPS” ucap Pdt. Deddy Fajar mengakhiri.

Sebelum dibubarkan oleh Ephorus, Tim Kerja menyerahkan seluruh dokumen laporan pertanggungjawaban dan bukti-bukti pengunaan dana kepada Pimpinan Sinode GKPS. Kemudian Tim Kerja juga menyerahkan dana sebesar 61 juta kepada Tim Penataan Lahan Kantor Sinode GKPS yang diwakilkan Pdt. Marudin Saragih dan Pdt. Nolden Lingga, untuk meneruskan pengerjaan Taman Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun yang juga merupakan bagian program kerja Jubileum 120 Tahun. (bgs/hks)

 

Pewarta: Humas Tim Kerja GKPS J-120 (Pdt. Bima Gustav Saragih)