1. Doding: Haleluya No. 234:1
Tandai Ham ma au, pareksa Ham pakon uhurhu.
Uji Ham au, papangkei Ham pakon dalanku.
Itandai Ham do au on, o Tuhan.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat Harian: Jesaya 66:18
“Ai Hutanda do horja ampa pingkiran ni sidea; anjaha roh do Ahu laho patumpuhon sagala bangsa ampa sahap; jadi roh ma sidea, anjaha idahonni ma hasangapon-Ku.”

“Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaan-Ku.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
pernahkah diberikan kepada kita banyak informasi secara sekaligus dan dalam waktu yang singkat? Informasi yang sangat banyak sehingga kita merasa pusing untuk memikirkan dan mengolahnya dalam otak kita. Memang otak dan pikiran kita memiliki keterbatasan dan tidak mampu mengingat serta memikirkan setiap informasi secara sekaligus. Dengan kata lain, kita bisa saja lupa. Terkadang secara tidak sadar kita lupa, misalnya memerintahkan anak untuk membersihkan tempat tidur mereka setelah bangun pagi. Di waktu lain dengan tidak sengaja kita lupa seperti menuliskan jadwal pertemuan dalam kalender kita karena kita pikir kita akan dapat mengingatnya. Dan bisa juga kita lupa karena terlalu asyik dalam suatu kegiatan dan lupa menjemput anak dari sekolah. Bisa juga kita lupa karena kita tidak mungkin mengingat hal yang terlalu banyak, misalnya membelikan 10 pesanan di toko di mana yang kita ingat hanya 3 pesanan saja, dan lain sebagainya. Itulah memang kelemahan kita selaku manusia.

Tetapi Allah tidaklah demikian. Tuhan tidak pernah lupa atas segala sesuatu, kapan pun dan dimana pun. Ia selalu tahu dan mengingat segala sesuatu. Ia adalah Allah yang Omnisciense, artinya Ia mengetahui segala sesuatu di masa lalu, kini, dan akan datang secara nyata dan mengetahuinya dalam waktu yang sama. Tuhan tahu apa yang akan terjadi dan Ia tidak perlu mempelajari sesuatu dan tidak pernah lupa akan sesuatu. Allah sudah tahu sesuatu yang belum kita ketahui. Kita tidak dapat bersembunyi atau lari dari Tuhan serta mengerjakan sesuatu di belakang-Nya tanpa ketahuan. Di dalam nas hari ini dikatakan bahwa Allah mengenal segala perbuatan dan rancangan kita (bdk. Mzm. 139:1-4). Artinya, tidak ada yang dapat kita sembunyikan dari Allah, baik perbuatan, pikiran, atau rancangan yang baik maupun yang tidak baik. Dikatakan juga bahwa Allah akan datang mengumpulkan semua orang untuk menghadapi penghakiman-Nya yang terakhir seperti dalam kitab Wahyu.

Apakah yang akan terjadi pada penghakiman akhir itu dan apakah yang akan diterima seluruh umat manusia? Bagi orang yang menolak Yesus Kristus dan keselamatan yang dianugerahkan-Nya, maka Yesus akan berkata, “Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.” (Mat. 25:41). Tidak ada lagi kesempatan bagi mereka untuk bertobat. Kesempatan untuk itu adalah sekarang dan semasa hidup. Di saat seseorang menghembuskan nafas terakhir, maka tidak ada lagi kesempatan baginya. Tidaklah demikian bagi semua orang percaya kepada Yesus. Mereka bukan menerima hukuman melainkan menyaksikan dan melihat betapa mulianya kasih karunia Tuhan. Jadi bagi kita pengikut Kristus, penghakiman ini bukan tentang hukuman karena kita sudah dibenarkan oleh kematian dan kebangkitan Kristus. Darah Kristus telah menyucikan kita dari segala dosa. Kita akan melihat di sana betapa berharganya dan mulianya penebusan yang telah dianugerahkan-Nya bagi kita. Maka tetaplah berjalan bersama Kristus dalam sukacita dan memegang teguh iman kita kepada-Nya karena kemuliaan-Nya akan dinyatakan kepada kita. Amin.

 

5. Doding: Haleluya No. 184:1-2
Manjaga ma hanima na bujur uhur in;
Nahiti suluhnima ai roh ma borngin in.
Na roh ma Siparunjuk bai tunangan-Ni in.
Na tong mangkasiholi Parunjukon-Ni in.

Pasirsir suluhnima, gok minak bahen in.
Managam Tuhannima siboba tuah in!
Ai na manjaga Sion do na mandilo ham;
Dohor ma hatuahon, roh ma Rajamu bam.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS