1. Doding: Haleluya No. 234:1
Tandai Ham ma au, pareksa Ham pakon uhurhu.
Uji Ham au, papangkei Ham pakon dalanku.
Itandai Ham do au on, o Tuhan.

 

2. Tonggo

 

3. Ayat harian: Jeremia 23:24
“Anggo marponop halak bani ianan na lingod, ai lang Huidah do ia?” nini Jahowa. “Ai lang Ahu do na manggoki langit pakon tanoh on?” nini Jahowa.”

“Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman Tuhan. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman Tuhan.”

 

4. Renungan
Jemaat yang dikasihi Tuhan,
semenjak kecil, ada banyak hal yang bisa membuat kita takjub. Saat anak-anak, kita bisa takjub dibuat ulah seorang pesulap. Ia dengan santainya bisa memunculkan dan menghilangkan benda memakai kedua tangannya. Jarang sekali mata ini berkedip saat melihat pesulap beraksi. Seolah-olah kita, yang masih anak-anak kala itu, tidak mau kehilangan satu momen pun dari aksi seorang pesulap.

Selain itu, jika kita boleh mengenang, saat anak-anak pun ada banyak tontonan di televisi yang membuat kita takjub. Tayangan-tayangan super hero, sebut saja misalnya Superman, begitu memukau untuk ditonton, dan sayang rasanya untuk dilewatkan. Apalagi saat Superman bisa terbang ke sana dan kemari, seketika itu tubuh ini pun menirukan gayanya terbang, sambil mengambil handuk untuk dijadikan sayap di pungguung kita. Ada lagi kelebihan Superman yang dipertontonkan, yaitu bahwa ia bisa melihat gerak-gerik musuhnya secara tembus pandang, walaupun ada tembok besar di hadapannya. Ia tahu musuhnya melarikan diri ke arah manapun.

Betapa enaknya memiliki kemampuan mendatangkan dan menghilangkan barang dengan sekejap seperti pesulap, dan betapa jagonya memiliki kekuatan dan kehebatan seperti Superman. Namun seiring berjalannya waktu, kekaguman itu pun sirna, karena ternyata seorang pesulap memiliki keahlian untuk menggerakkan jari dan tangannya untuk mendukung aksinya. Barang yang dipegangnya bukan tiba-tiba bisa menghilang. Melainkan hanya berpindah ke bagian tubuhnya yang lain, saat ia memecah konsentrasi penontonnya. Begitu juga dengan Superman, yang ternyata semua kekuatan dan kehebatannya itu adalah hasil dari rekayasa menggunakan teknologi kamera, sehingga terlihat seperti nyata.

Maka kemudian bagaimana reaksi kita saat membaca ayat harian hari ini? Ada dua kemahakuasaan Tuhan yang dituliskan dalam ayat harian ini, di samping sekian banyak kemahakuasaan lainnya dari Tuhan. Pertama, Ia bisa melihat siapa pun yang menyembunyikan diri. Kedua, Ia memenuhi langit dan bumi. Betapa agungNya Tuhan, sehingga kekuatan dan kemahakuasaanNya tidaklah sebanding dengan trik dan kecepatan tangan seorang pesulap, dan tidak sebanding dengan rekayasa teknologi kamera. Hal itu terbukti, karena tidak hanya nabi Yeremia yang mengakui kemahakuasaan Tuhan. Raja Daud pun juga mengakuinya dalam Mazmur 139. Tuhan tahu kapan ia berdiri, kapan ia duduk. Tuhan mengerti pikirannya. Tuhan sudah mengetahui sebelum lidah raja Daud mengeluarkan perkataan. Saat ia mendaki langit, ada Tuhan di sana. Saat ia menaruh tempat tidurnya di dunia orang mati, Tuhan pun ada di situ. Jika ia membuat kediamannya di ujung laut, ada tangan Tuhan juga di situ yang memegangnya.

Jemaat yang dikasihi Tuhan,
itulah Tuhan kita, yang disaksikan oleh ayat harian hari ini. Maka, bukan lagi ketakutan yang menerjang kita saat membaca ayat harian ini, melainkan keberanian melangkah dan melanjutkan hidup kita, karena ada Tuhan yang senantiasa melihat, mengawasi, dan mendampingi kita. Amin.

 

5. Doding: Haleluya No. 4:4-5
Puji Jahowa, situmpak haganup horjamu.
Ai itumpakhon hubam tongtong hagoluhanmu.
Ingat ma ai, hinalayakNi do ai, holong ateiNi tumang do.

Puji Jahowa, tonduyhu pasangap GoranNi.
Pakon ganup na marhosah mamuji hu Bani.
Ai do talup, baenon ni hita ganup, dodingkon hita ma Amen.

 

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

 

Departemen Persekutuan GKPS