Menu
Categories
IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 22 Mei 2020
22/05/2020 TATA IBADAH

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Jumat, 22 Mei 2020

 

  1. Doding Haleluya No.75:1

 

Domma naik Ham lao hu surga in

Tuhan Jesus, Rajanami, Ham do irikkononnami

Pambobai in lao hu surga in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: 2 Raja-raja 2:12

 

Dob iidah si Elisa ai, dilo-dilo ma ia, “Bapa! Bapa! Gareta ni Israel pakon siajak hudani!” Dob ai seng iidah be ia. Dob ai ibuat ma hiouni anjaha iribaki ma ai bolah dua.

Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.

 

  1. Renungan

 

Nabi Elisa abdi nabi Elia dapat melihatnya bapanya terangkat ke surga. Elisa telah melampaui ujian ketika Tuhan memberi kesempatan untuk menyaksikan orang yang dikagumi dan diikutinya meninggalkannya. Berikutnya Elisa menerima berkat karunia dari Tuhan seperti apa yang dimintanya kepada sang gurunya. Secara manusiawi, Elisa merasa sedih, terpukul karena ia harus kehilangan orang yang terdekat dengannya saat itu. Ia bahkan telah rela meninggalkan lembunya, pekerjaannya, keluarganya untuk mengikut Elia. Ia sudah mengabdikan seluruh hidupnya bagi bapanya namun sekarang bapanya telah meninggalkannya. Ia merenggutkan pakaiannya dan merobeknya menjadi dua. Namun kesedihan Elisa tidak lama, ia segera bangkit, melanjutkan pekerjaan yang masih banyak yang telah diembankan baginya. Sekalipun ia ditinggalkan bapanya tapi ia percaya ada Tuhan Allah yang hidup yang senantiasa memelihara dan menyertai perjalanan hidupnya. Ia mangambil jubah Elia dan memukulkannya ke sungai Jordan, hingga terbelahlah mejadi dua seperti sebelumnya ketika ia menyeberang bersama gurunya, sekarang ia berjalan tanpa gurunya. Elisa tidak kehilangan rasa percaya diri, ia tidak ragu akan kuasa yang telah diterimanya. Elisa siap melanjutkan pekerjaan Tuhan.

Sehari yang lalu kita merayakan peringatan kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Surga. Kristus telah mengutus murid-muridNya untuk meneruskan pekerjaan pekabaran Injil hingga ke ujung dunia. Tongkat estafet pelayanan itu terus berlanjut, tidak akan berhenti dari dulu hingga sekarang. Elia ke Elisa, Tuhan Yesus ke murid-muridNya, dari pendahulu kita hingga saat ini. Tugas kita adalah melakukan tugas pekerjaan Tuhan dan pemberitaan kabar baik itu melalui kehidupan kita. Kita diutus ke tengah dunia supaya mereka percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan selamat. Surga telah disiapkan oleh Tuhan Yesus bagi setiap orang yang setia melakukan firmanNya. Kiranya kita dapat saling menguatkan dan saling mendorong bahwa dunia ini hanya tempat sementara bagi kita, sebab kita memiliki tempat yang kekal di rumah Bapa.

Sekalipun ada tantangan, kesulitan yang sedang kita alami, tetaplah percaya dan jangan ragu akan kuasa yang diberikan oleh Tuhan bagi kita untuk dapat melampaui semua persoalan. Jangan mudah menyerah dan berputus asa. Jangan mudah berpaling dan kompromi dengan orang banyak yang mengambil langkah yang salah. Tetaplah setia pada yang benar. Bertahanlah dalam pembatasan ini. Taati, patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sebab hanya yang setialah yang dapat bertahan. Kiranya kasih Tuhan senantiasa melindungi kita. Amen.

 

.

  1. Mandoding Haleluya No. 235:1

 

Na mungkab do surga, ibaen aha do

Ibaen na roh Jesus, mangungkap bamu.

Ibaen na roh Jesus, mangungkap bamu.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami.

 

Departemen Persekutuan GKPS

 

 

Tinggalkan Balasan
**